Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Menetapkan Vendor Katering Untuk Pernikahan - Dapur Dafinna

8 Tips Menetapkan Vendor Katering Untuk Pernikahan - Dapur Dafinna. Kecondongan memakai pelayanan catering waktu perhelatan perkawinan saat ini menjadi opsi yang cukup efektif dan banyak diambil keluarga yang akan melakukan perkawinan.


katering catering wedding pernikahan perkawinan akad nikah Dapur Dafinna

Selain karena keentengan yang ditawarkan, memakai jasa catering juga menjamin bahwa makanan yang dihidangkan mempunyai kriteria mutu yang cukup baik sehingga tidak mempermalukan tuan rumah didepan para tamu undangan yang datang.

Tetapi demikian, kita juga tetap menimang-nimang bermacam-macam hal dalam menentukan jasa catering mana yang akan kita pilih. Berikut blog Dapur Dafinna berikan 8 panduan menyeleksi katering wedding :

1. Punya integritas baik

Integritas merupakan suatu kunci dalam produk jasa, termasuk pada konteks ini adalah catering. Sebuah rekanan dikatakan mempunyai integritas yang baik saat para klien sebelumnya menyampaikan respon dan testimoni yang baik atas servis yang telah diberikan oleh vendor tersebut.

Untuk menelusuri tentang hal ini calon pengantin bisa menggali keterangan dari sanak famili atau sahabat yang sudah memakai layanan katering tersebut.

Selain itu saat ini kita juga bisa dengan mudah menelusuri ulasan penyedia catering dengan gugling di internet atau tergabung website forum- forum pernikahan yang ada. Dengan demikian kita akan menjumpai vendor catering yang teruji dan bukan asal- asalan.

2. Layanan memuaskan

Kinerja sebuah provider jasa tentu menjadi suatu hal yang utama di mata pengguna. Terkait dengan vendor catering maka pelayanan bisa diukur dari kecakapan admin atau koordinator dari pihak catering dalam merespon semua persoalan yang klien ajukan, kedisiplinan waktu, kesesuaian pelayanan dengan pilihan paket yang diajukan, dan sebagainya.

Seperti halnya urutan pertama di atas, untuk menggali tentang pelayanan dari sebuah vendor ini kita juga bisa mencari tahu dari sahabat atau browsing di internet.

3. Alternatif menu

Variasi menu yang lengkap merupakan nilai plus bagi sebuah penyedia jasa boga. Terkadang ketika pasangan calon pengantin memilih untuk menggunakan suatu ide yang berlainan bagi perkawinan mereka, maka menu makanan pun mau tidak mau ikut menyesuaikan agar saling mendukung dengan konsep.

Contohnya konsep internasional tentu menu yang disuguhkan berbeda dengan konsep resepsi tradisional atau adat.

4. Elastisitas paket katering

Variasi paket catering terkait dengan hidangan yang disajikan dan jumlah porsi yang diinginkan sang empunya hajat. Namun di luar paket yang mereka ajukan, yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan kita, akan lebih baik kalau mereka bisa menyediakan atau memfasilitasi kebutuhan kita tanpa terikat paket- paket tersebut.

Situasi ini tentu saja terkait dengan bajet juga. Contohnya kita memutuskan alokasi tertentu, maka kita juga harus memastikan menu dan layanan seperti apa yang akan kita terima dengan bajet yang kita sediakan tersebut.

Jangan sampai terjadi karena anggaran kita terbatas, pihak katering tetap bersedia tapi dengan service dan kualitas makanan yang jauh dari harapan kita.

5. Dapat menyelenggarakan percobaan contoh food

Pencicipan sampel food merupakan salah satu yang penting dilakukan calon mempelai untuk memutuskan katering yang akan dipakai. Bagi perusahaan catering yang kuat biasanya ada dua model untuk melakukan test food ini, yakni dengan langsung ke lokasi showroom catering tersebut atau ke tempat pesta pernikahan yang dipegang catering tersebut.

Kalau hanya ingin melakukan tes rasa dan kualitas makanan maka di showroom vendor sudah cukup. Namun jika ingin melakukan pembandingan menyeluruh mengenai layanan suatu katering berawal dari rasa, lalu masalah penyajian, sampai cara pelayanan kepada tamu, kita bisa langsung ke resepsi wedding yang di-handle oleh pihak catering tersebut.

Tentu saja disertai dengan persetujuan catering untuk melakukan masalah ini sebab memang tidak semua vendor catering memperbolehkan.

6. Memiliki kerjasama dengan venue resepsi

Ada keuntungan ketika vendor catering memiliki kolaborasi dengan pihak gedung atau WO lokasi akan dilangsungkannya acara, yaitu umumnya biaya akan lebih miring karena pihak catering tidak dibebani charge tempat.

Meskipun selisih harga tidak terlalu jauh, namun bagi mereka yang ingin berhemat, hal ini dapat menjadi pertimbangan.

7. Cari katering yang tidak terlalu ramai

Karena suatu katering dapat menerima banyak orderan dalam sekali waktu, maka yakinkan bahwa pada tanggal yang kita tentukan penyedia catering tersebut tidak terlalu penuh menjalankan tugas pada saat itu.

Meskipun pihak catering akan berupaya optimal berapapun pekerjaan yang mereka garap dalam satu waktu, namun ketika sebuah vendor ‘over capacity’ maka berpeluang service akan sedikit kewalahan dan tidak maksimal bisa saja terjadi. Tentu hal ini tidak kita inginkan.

8. Mau menandatangani Perjanjian dengan jelas

Walaupun sudah ada saling kepercayaan, namun kontrak tertulis tetap diperlukan. Hal ini berguna ketika nanti sehabis acara ternyata pelayanan mereka jauh dari yang dijanjikan.

Dalam kontrak kerja ini contohnya tercantum pasal ketika service buruk atau jauh dari yang dijanjikan maka pihak catering bersedia melakukan ganti rugi, pengembalian sekian persen dari nilai paket, dsb.

Hal - hal tersebut tergantung kepada persetujuan dan keperluan kita kepada pihak penyedia jasa katering perkawinan.

Demikian artikel 8 Tips Menetapkan Vendor Katering Untuk Pernikahan - Dapur Dafinna yang DAPUR DAFINNA uraikan. Semoga bisa menjadi saran bagi anda calon mempelai & follower yang akan memakai jasa katering untuk acara pernikahan.

DMA Writer
DMA Writer DMA Writer

Posting Komentar untuk "8 Tips Menetapkan Vendor Katering Untuk Pernikahan - Dapur Dafinna"