Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Pedoman Menyaring Vendor Katering Untuk Pernikahan - Dapur Dafinna

8 Pedoman Menyaring Vendor Katering Untuk Pernikahan - Dapur Dafinna. Kecondongan memakai bantuan katering waktu acara ijab kabul saat ini menjadi pilihan yang cukup realistis dan banyak dipilih keluarga yang akan melakukan ijab nikah.


katering catering wedding pernikahan perkawinan akad nikah Dapur Dafinna

Selain karena kelapangan yang ditawarkan, memakai servis catering juga menjamin bahwa menu yang diberikan mempunyai ukuran mutu yang cukup rapi sehingga tidak memalukan tuan rumah dihadapan para tamu undangan yang datang.

Tetapi demikian, kita juga hendaklah memikirkan bermacam ragam hal dalam menunjuk jasa katering apa yang akan kita gunakan. Berikut blog Dapur Dafinna berikan 8 petunjuk menetapkan katering akad nikah :

1. Punya integritas baik

Kredibilitas melambangkan suatu kunci dalam produk jasa, termasuk pada hal ini adalah catering. Sebuah provider dikatakan memiliki kredibilitas yang baik ketika para klien sebelumnya membagikan tanggapan dan testimoni yang baik atas servis yang telah diberikan oleh rekanan tersebut.

Untuk mencari perihal hal ini calon pengantin bisa menggali keterangan dari sanak saudara atau sahabat yang pernah memakai layanan katering tersebut.

Disamping itu sekarang ini kita juga bisa dengan gampang menggali ulasan rekanan catering dengan browsing di internet atau tergabung situs forum- forum pernikahan yang ada. Dengan begitu kita akan menjumpai vendor catering yang terjamin dan bukan asal- asalan.

2. Layanan berkualitas

Pelayanan sebuah provider jasa tentu menjadi suatu hal yang penting di mata pengguna. Berkaitan dengan vendor catering maka pelayanan bisa diukur dari kecakapan admin atau koordinator dari pihak katering dalam merespon semua permasalahan yang kita ajukan, kedisiplinan waktu, kecocokan pelayanan dengan pilihan paket yang ditawarkan, dan sebagainya.

Seperti halnya urutan pertama di atas, untuk mencari tentang kinerja dari sebuah vendor ini kita juga bisa mencari tahu dari sahabat atau browsing di internet.

3. Alternatif menu

Ragam menu yang lengkap merupakan nilai plus bagi sebuah vendor jasa boga. Terkadang saat pasangan calon mempelai mengambil untuk menggunakan suatu ide yang berlainan bagi perkawinan mereka, maka menu hidangan pun mau tidak mau ikut mengharmoniskan agar saling support dengan konsep.

Misalnya konsep internasional tentu menu yang disajikan berbeda dengan konsep wedding tradisional atau adat.

4. Fleksibilitas paket katering

Ragam paket catering berkaitan dengan hidangan yang disajikan dan jumlah porsi yang diinginkan sang pemilik hajat. Tetapi di luar paket yang mereka tawarkan, yang terkadang tidak pas dengan kebutuhan kita, akan lebih enak jika mereka bisa menyiapkan atau memfasilitasi kebutuhan kita tanpa terkekang paket- paket tersebut.

Keadaan ini tentu saja berkaitan dengan bajet juga. Contohnya kita menentukan alokasi tertentu, maka kita juga perlu memastikan menu dan layanan seperti apa yang akan kita dapatkan dengan bajet yang kita persiapkan tersebut.

Jangan sampai terjadi karena budget kita minim, penyedia catering tetap menyanggupi namun dengan service dan bobot menu yang berbeda dari harapan kita.

5. Boleh melakukan percobaan sampel makanan

Pencicipan sampel food adalah salah satu yang mendesak dilakukan calon pengantin untuk menunjuk katering yang akan dipilih. Untuk vendor catering yang kuat biasanya ada dua cara untuk menyelenggarakan test food ini, yaitu dengan langsung ke tempat showroom catering tersebut atau ke tempat pesta perkawinan yang ditangani catering tersebut.

Jikalau hanya ingin melakukan tes rasa dan kualitas makanan maka di galeri vendor sudah cukup. Namun jika mau melakukan pembandingan total mengenai layanan suatu catering mulai dari rasa, lalu masalah penyajian, sampai cara pelayanan kepada undangan, kita bisa pergi ke resepsi pernikahan yang di-handle oleh perusahaan catering tersebut.

Tentu saja disertai oleh persetujuan catering untuk melaksanakan masalah ini karena memang tidak semua pihak catering menyetujui.

6. Memiliki kerjasama dengan tempat resepsi

Ada keuntungan ketika vendor catering mempunyai kolaborasi dengan pihak gedung atau wedding organizer tempat akan berjalannya acara, yaitu biasanya cost akan lebih murah karena pihak catering tidak terkena charge venue.

Walaupun perbedaan harga tidak terlalu signifikan, namun untuk mereka yang mau berhemat, hal ini dapat jadi pertimbangan.

7. Cari katering yang tidak terlalu padat

Karena suatu katering bisa menerima banyak order dalam sekali waktu, maka tegaskan bahwa saat tanggal yang kita tetapkan penyedia catering tersebut tidak terlalu penuh menerima job pada saat itu.

Meskipun pemilik catering akan berusaha maksimal berapapun orderan yang mereka garap dalam satu waktu, namun apabila suatu vendor ‘over capacity’ maka kemungkinan servis akan sedikit kewalahan dan tidak optimal bisa saja terjadi. Tentu hal ini tidak kita inginkan.

8. Mau teken kontrak kerja dengan jelas

Meskipun telah ada saling percaya, namun kontrak tertulis tetap diperlukan. Hal ini berguna ketika nanti sehabis acara ternyata pelayanan mereka jauh dari yang dijanjikan.

Dalam perjanjian kerja ini misalnya tertulis ketentuan ketika pelayanan buruk atau jauh dari yang dijanjikan maka perusahaan bersedia melakukan ganti rugi, pengembalian sekian persen dari nominal paket, dsb.

Hal - hal tersebut bergantung kepada kemufakatan dan keperluan kita kepada pihak penyedia jasa catering pernikahan.

Demikian artikel 8 Pedoman Menyaring Vendor Katering Untuk Pernikahan - Dapur Dafinna yang DAPUR DAFINNA uraikan. Semoga dapat menjadi pertimbangan bagi anda calon pengantin yang akan memakai jasa catering untuk acara pernikahan.

DMA Writer
DMA Writer DMA Writer

Posting Komentar untuk "8 Pedoman Menyaring Vendor Katering Untuk Pernikahan - Dapur Dafinna"