Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Pedoman Menetapkan Vendor Catering Untuk Akad Nikah - Dapur Dafinna

8 Pedoman Menetapkan Vendor Catering Untuk Akad Nikah - Dapur Dafinna. Kecondongan menggunakan servis catering pada perjamuan ijab nikah sekarang ini menjadi alternatif yang cukup praktis dan banyak dipilih keluarga yang akan melangsungkan ijab nikah.


katering catering wedding pernikahan perkawinan akad nikah Dapur Dafinna

Selain karena fasilitas yang ditawarkan, memakai jasa catering juga menjamin bahwa menu yang diberikan mempunyai standar kadar yang cukup tertib sehingga tidak memalukan keluarga didepan para tamu undangan yang hadir.

Namun demikian, kita juga perlu mempertimbangkan bermacam rupa hal dalam menunjuk layanan catering apa yang akan kita ambil. Berikut blog Dapur Dafinna berikan 8 pedoman menentukan catering wedding :

1. Memiliki kredibilitas baik

Integritas merupakan suatu kunci dalam produk jasa, termasuk dalam hal ini adalah jasa boga. Suatu vendor dikatakan punya kredibilitas yang baik saat para konsumen sebelumnya memberikan respon dan kesan yang baik atas service yang telah diberikan oleh vendor tersebut.

Untuk mencari perihal masalah ini calon mempelai bisa mencari keterangan dari sanak famili atau teman yang pernah menggunakan jasa catering tersebut.

Disamping itu saat ini kita juga bisa dengan gampang menelusuri ulasan penyedia katering dengan berseluncur di internet atau bergabung dalam website forum- forum wedding yang ada. Dengan begitu kita akan menemukan vendor catering yang terpercaya dan bukan asal- asalan.

2. Layanan berkualitas

Kinerja sebuah penyedia jasa tentu menjadi suatu hal yang penting di mata pengguna. Berkaitan dengan vendor catering maka pelayanan bisa diukur dari kecakapan admin atau penanggung jawab dari pihak katering dalam merespon semua problem yang klien ajukan, ketepatan waktu, kecocokan pelayanan dengan pilihan paket yang ditawarkan, dan sebagainya.

Seperti halnya poin kesatu di atas, untuk menelusuri tentang kinerja dari suatu vendor ini kita juga bisa mencari tahu dari sahabat atau browsing di internet.

3. Pilihan menu

Keragaman menu yang komplit merupakan nilai lebih bagi sebuah vendor katering. Kadang pada saat pasangan calon pengantin menetapkan untuk memakai sebuah rencana yang berlainan untuk pernikahan mereka, maka menu hidangan pun mau tidak mau harus menyesuaikan agar saling support dengan konsep.

Contohnya konsep internasional tentu menu yang disajikan berbeda dengan konsep resepsi tradisional atau adat.

4. Kelenturan paket katering

Keragaman paket catering berkaitan dengan hidangan yang disajikan dan jumlah alokasi yang diinginkan sang pemilik hajat. Tetapi di luar paket yang mereka tawarkan, yang kadang tidak cocok dengan keperluan kita, akan lebih baik jika mereka bisa menyiapkan atau memfasilitasi kebutuhan kita tanpa terikat paket- paket tersebut.

Situasi ini tentu saja terkait dengan bajet juga. Misalnya kita menentukan alokasi tertentu, maka kita juga harus menegaskan menu dan pelayanan seperti apa yang akan kita terima dengan budget yang kita sediakan tersebut.

Jangan sampai terjadi kalau anggaran kita terbatas, vendor catering tetap menyanggupi tapi dengan service dan bobot makanan yang jauh dari harapan kita.

5. Boleh menjalankan test sampel food

Pencicipan sampel food adalah salah satu yang penting dilakukan calon pengantin untuk memutuskan catering yang akan dipilih. Untuk perusahaan catering yang kuat biasanya ada dua cara untuk melakukan test food ini, yakni dengan langsung ke lokasi pameran catering tersebut atau ke tempat acara perkawinan yang dipegang catering tersebut.

Kalau hanya ingin melakukan uji coba rasa dan kualitas makanan maka di galeri vendor sudah cukup. Namun apabila ingin melakukan pembandingan total perihal service sebuah katering berawal dari rasa, kemudian masalah penyajian, sampai bagaimana pelayanan kepada undangan, kita bisa meluncur ke resepsi pernikahan yang ditangani oleh perusahaan catering tersebut.

Tentu saja disertai oleh kesepakatan catering untuk melaksanakan hal ini sebab memang tidak banyak pihak catering memperbolehkan.

6. Mempunyai kerjasama dengan tempat resepsi

Ada keuntungan ketika vendor catering mempunyai kerjasama dengan pihak gedung atau WO lokasi akan berjalannya acara, yaitu biasanya biaya akan lebih murah karena pihak catering tidak dikenakan charge venue.

Meskipun perbedaan biaya tidak terlalu besar, namun untuk anda yang ingin berhemat, hal ini bisa jadi pertimbangan.

7. Cari katering yang tidak terlalu sibuk

Karena suatu catering dapat menerima banyak order dalam sekali waktu, maka pastikan bahwa pada tanggal yang kita tentukan pihak catering tersebut tidak terlalu berlebihan menerima job pada saat itu.

Meskipun pihak catering akan berupaya optimal berapapun orderan yang mereka garap dalam satu waktu, namun apabila suatu vendor ‘over capacity’ maka kemungkinan servis akan sedikit keteteran dan tidak optimal dapat saja muncul. Tentunya hal ini tidak kita harapkan.

8. Mau menandatangani kontrak kerja dengan jelas

Walaupun telah ada saling kepercayaan, namun kontrak tertulis tetap diperlukan. Hal ini berguna ketika nanti sehabis acara ternyata pelayanan mereka jauh dari yang dijanjikan.

Dalam perjanjian kerja ini contohnya tertulis klausul ketika service jelek atau jauh dari yang disepakati maka pihak catering bersedia melakukan ganti rugi, pengembalian sekian persen dari nominal paket, dsb.

Hal - hal tersebut bergantung kepada persetujuan dan keperluan kita kepada pihak penyedia jasa catering perkawinan.

Demikianlah artikel 8 Pedoman Menetapkan Vendor Catering Untuk Akad Nikah - Dapur Dafinna yang DAPUR DAFINNA uraikan. Semoga dapat menjadi pertimbangan bagi anda calon pengantin yang akan memakai jasa catering untuk acara pernikahan.

DMA Writer
DMA Writer DMA Writer

Posting Komentar untuk "8 Pedoman Menetapkan Vendor Catering Untuk Akad Nikah - Dapur Dafinna"