Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Panduan Menyeleksi Vendor Catering Untuk Wedding - Dapur Dafinna

8 Panduan Menyeleksi Vendor Catering Untuk Wedding - Dapur Dafinna. Kecenderungan memakai jasa katering ketika acara pernikahan saat ini menjadi opsi yang cukup rasional dan banyak dipilih keluarga yang akan menyelenggarakan perkawinan.


katering catering wedding pernikahan perkawinan akad nikah Dapur Dafinna

Disamping karena fasilitas yang ditawarkan, menggunakan servis catering juga menjamin bahwa makanan yang dihidangkan mempunyai ukuran kualitas yang cukup rapi sehingga tidak mempermalukan keluarga dimata para tamu undangan yang hadir.

Tetapi demikian, kita juga tetap menimang-nimang beraneka ragam hal dalam memutuskan jasa catering apa yang akan kita pakai. Berikut blog Dapur Dafinna berikan 8 panduan menetapkan katering wedding :

1. Punya integritas baik

Kredibilitas merupakan suatu kunci dalam produk jasa, termasuk dalam hal ini adalah jasa boga. Suatu provider disebut memiliki integritas yang baik ketika para klien sebelumnya membagikan tanggapan dan testimoni yang baik atas pelayanan yang telah diberikan oleh provider tersebut.

Untuk mencari tentang hal ini calon mempelai bisa menelusuri keterangan dari sanak famili atau teman yang pernah memakai layanan catering tersebut.

Selain itu sekarang ini kita juga dapat dengan gampang menggali review vendor catering dengan browsing di internet atau tergabung website forum- forum pernikahan yang ada. Dengan begitu kita akan memperoleh vendor catering yang dapat diandalkan dan bukan asal- asalan.

2. Layanan memuaskan

Pelayanan sebuah provider jasa tentu menjadi suatu hal yang penting di mata konsumen. Terkait dengan vendor catering maka pelayanan bisa dilihat dari kecekatan admin atau penanggung jawab dari pihak katering dalam menjawab semua permasalahan yang klien ajukan, ketepatan waktu, konsistensi pelayanan dengan opsi paket yang ditawarkan, dan sebagainya.

Seperti halnya poin kesatu di atas, untuk menelusuri tentang kinerja dari sebuah vendor ini kita juga bisa mencari tahu dari kenalan atau browsing di internet.

3. Preferensi menu

Keragaman menu yang lengkap merupakan poin lebih untuk sebuah penyedia katering. Terkadang saat pasangan calon mempelai menetapkan untuk memakai suatu rancangan yang berlainan bagi perkawinan mereka, maka menu makanan pun mau tidak mau turut menyelaraskan agar saling mendukung dengan konsep.

Contohnya konsep internasional tentu menu yang disuguhkan berbeda dengan konsep perkawinan tradisional atau adat.

4. Elastisitas paket catering

Ragam paket catering berkaitan dengan hidangan yang disajikan dan jumlah alokasi yang diinginkan sang empunya hajat. Tetapi di luar paket yang mereka ajukan, yang terkadang tidak sesuai dengan keperluan kita, akan lebih enak jika mereka bisa menyediakan atau memfasilitasi keinginan kita tanpa terkekang paket- paket tersebut.

Hal ini tentu saja terkait dengan budget juga. Misalnya kita menentukan alokasi tertentu, maka kita juga perlu menetapkan menu dan pelayanan seperti apa yang akan kita dapatkan dengan budget yang kita persiapkan tersebut.

Jangan sampai nanti kalau bajet kita terbatas, vendor katering tetap menerima namun dengan servis dan bobot makanan yang berbeda dari harapan kita.

5. Bisa melakukan percobaan contoh food

Pencicipan sampel makanan merupakan salah satu yang krusial dilaksanakan calon mempelai untuk menunjuk catering yang akan dipakai. Bagi perusahaan catering yang besar umumnya ada dua macam untuk menyelenggarakan test food ini, yaitu dengan langsung ke lokasi pameran catering tersebut atau ke tempat pesta perkawinan yang ditangani catering tersebut.

Jikalau hanya ingin melakukan uji coba rasa dan kualitas makanan maka di showroom vendor sudah cukup. Namun apabila mau melakukan pembandingan total perihal service sebuah catering mulai dari rasa, lalu masalah penyajian, sampai cara pelayanan kepada tamu, kita bisa langsung ke resepsi pernikahan yang ditangani oleh perusahaan catering tersebut.

Tentu saja disertai dengan persetujuan catering untuk melaksanakan masalah ini karena memang tidak seluruh perusahaan catering menyetujui.

6. Mempunyai kerjasama dengan lokasi resepsi

Ada benefit ketika vendor catering memiliki kolaborasi dengan pihak gedung atau wedding organizer lokasi akan berjalannya acara, yaitu biasanya cost akan lebih miring karena pihak catering tidak dibebani charge lokasi.

Meskipun selisih harga tidak terlalu signifikan, namun untuk pengantin yang ingin berhemat, hal ini dapat menjadi pertimbangan.

7. Cari catering yang tidak terlalu sibuk

Karena sebuah katering dapat menerima banyak job dalam sekali waktu, maka yakinkan bahwa saat tanggal yang kita tentukan pihak catering tersebut tidak terlalu membludak menerima job pada saat itu.

Walaupun pihak catering akan berusaha optimal berapapun orderan yang mereka garap dalam sekali waktu, namun saat suatu vendor ‘over capacity’ maka berpeluang service akan sedikit kewalahan dan tidak maksimal dapat saja muncul. Tentu saja hal ini tidak kita inginkan.

8. Mau teken MOU dengan jelas

Meskipun sudah ada saling kepercayaan, namun kontrak tertulis tetap diperlukan. Hal ini berguna ketika nanti sehabis acara ternyata pelayanan mereka jauh dari yang dijanjikan.

Dalam perjanjian kerja ini misalnya tertulis klausul ketika service jelek atau jauh dari yang dijanjikan maka perusahaan bersedia membayar ganti rugi, refund sekian persen dari nilai paket, dsb.

Hal - hal tersebut tergantung kepada kesepakatan dan keperluan kita dengan pihak penyedia jasa catering perkawinan.

Demikianlah artikel 8 Panduan Menyeleksi Vendor Catering Untuk Wedding - Dapur Dafinna yang DAPUR DAFINNA uraikan. Semoga dapat menjadi saran bagi anda calon pengantin yang akan menggunakan jasa catering untuk acara wedding.

DMA Writer
DMA Writer DMA Writer

Posting Komentar untuk "8 Panduan Menyeleksi Vendor Catering Untuk Wedding - Dapur Dafinna"