Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep NASI LIWET RICE COOKER, Paling SIMPLE SEDUNIA

Resep masak nasi liwet rice cooker. Resep masakan nasi liwet rice cooker, resep nasi liwet menggunakan rice cooker, resep membuat nasi liwet rice cooker, resep nasi liwet masak di rice cooker, cara membuat nasi liwet menggunakan rice cooker, resep nasi liwet teri medan rice cooker, cara membuat nasi liwet memakai rice cooker, resep membuat nasi liwet di rice cooker, resep membuat nasi liwet dengan rice cooker.

Resep NASI LIWET RICE COOKER , Paling SIMPLE SEDUNIA
Credit: Asahid & TehYung

Hai temen - temen semuanya assalamualakum, hari ini teteh mau share resep masakan yaitu nasi liwet.

Membuat nasi liwet ikan teri di rice cooker gampang, enak dan simple

Yuk temen - temen kita buat sama sama nasi liwet rice cookernya. Nah temen temen yang pertama kali yang kalian harus siapkan yaitu 4 cup beras.

Di sini teteh menggunakan cup yang terdapat pada rice cooker mito R5, ini sekitar 500 gram yah. Setelah itu cuci berasnya sampai bersih, nah kalau sudah di cuci bersih selanjutnya kita sisihkan kemudian kita lanjutkan lagi ke tahap berikutnya yaitu menyiapkan bumbu untuk nasi liwet rice cooker.

Lama memasak: 45 Menit 
Hasil: 4 Porsi 
Tingkat kesulitan: Mudah

BAHAN-BAHAN RESEP NASI LIWET PAKAI RICE COOKER, Paling SIMPLE DI DUNIA


  • 2 batang sereh yang di geprek
  • 2 lembar daun salam
  • daun kemangi secukupnya
  • minyak secukupnya untuk menumis
  • 1 genggam ikan teri medan
  • 3 siung bawang merah di iris tipis
  • 1 siung bawang merah
  • 3 siung cabe merah kriting di iris serong
  • 1 buah bawang putih di iris tipis
  • tujuh buah cabe rawit utuh
  • 1/4 sdt penyedap rasa
  • 1/4 sdt kaldu bubuk dan yang terakhir
  • 1 sdt garam

Langkah memasak NASI LIWET pakai RICE COOKER

  1. Karena semua bahan bahan nya sudah siap sekarang kita siapkan rice cooker mito R5.
  2. Kita buka tutup rice cookernya masukan panci rice cooker karena teteh akan menumis dahulu bumbu irisnya.
  3. Jadi teteh akan memilih menu untuk mode goreng caranya tinggal kita tekan menu sampai berpindah dari mode nasi putih, nasi merah, rebus, kukus, hangat, timer dan goreng.
  4. Jadi pada saat di menu goreng langsung tekan mulai maka digital timing langsung menyala langsung tuangkan minyak, tunggu sampai minyaknya panas.
  5. Lihat deh temen temen sudah mulai berjalan kan waktunya, ini praktis dan mudah banget karena memasak dengan hanya 1 tombol.
  6. Jika minyaknya sudah mulai panas masukan semua ikan teri medannya, kalian bisa ganti dengan cumi atau ikan asin jadi sesuai selera saja yah.
  7. Aduk - aduk terus selama memasak ikan terinya, di sini untuk ikan terinya akan teteh bagi 2 jadi ada yang setengah matang seperti ini kita bagi 2 dulu.
  8. Atau boleh lebih banyak untuk yang setengah matangnya, nanti yang setengah matang ini teteh campurkan dengan nasi liwet yang di masak.
  9. Dan sisanya di biarkan di goreng sampai matang atau lebih kering untuk taburan nasi liwet yang sudah matang.
  10. Tapi ini di sesuaikan dengan selera kalian saja yah, kita angkat ikan teri yang sudah matang, kita angkat semuanya sampai tidak ada yang tersisa di dalam rice cooker.
  11. Dan kalau sudah di angkat semuanya tumis bawang putih sebagian irisan cabe dan irisan bawang
  12. merah, untuk cabenya tidak teteh masukan semuanya karena untuk taburan nasi liwet yang sudah matang.
  13. Kemudian masukan daun salam, masukan sereh yang sudah di geprek, masuk sambil di aduk - aduk sampai harum.
  14. Ini gak perlu sampai kering, tutup sampai harum aja, nah kalau sudah harum selanjutnya masukan beras yang sudah di cuci tadi.
  15. Masukan semuanya berasnya, masukan air, untuk takaran airnya lebih banyak dari memasak nasi biasa yah kalau mau hasilnya lebih pulen.
  16. Kira kira 2 ruas jari kemudian masukan ikan teri yang setengah matang, daun kemangi garam, kaldu bubuk penyedap rasa, cabe rawit 1 siung bawng merah, aduk rata.
  17. Ratakan berasnya kemudian kalau sudah di ratakan tutup rice cooker, oh yah karena ini masih ada di mode goreng kemudian kita pindahkan terlebih dahulu ke mode nasi putih.
  18. Ini gak langsung tekan menu dulu yah jadi kita harus tekan batal kemudian baru tekan menu sampai di mode nasi putih setelah itu tekan mulai sekarang.
  19. Sudah mulai proses memasaknya kalau sudah matang akan pindah di mode hangat, untuk mode hangat ini bisa sampai 24 jam loh temen - temen dan teksturnya tetap pulen dan enak.
  20. Yuk kita lihat nasi liwetnya, tuh lihat deh temen - temen sudah matang kan nasi liwetnya.
  21. Taburkan dengan ikan teri yang sudah di goreng sampai matang tadi kemudian taburkan irisan cabe, taburkan pete kalau kalian suka.

Nasi nya pulen wangi dan enak banget, jadi laper. Jangan lupa di coba yah temen - temen semoga berhasil. Gimana nih temen temen, cara membuat nasi liwet rice cookernya simpel banget kan? (Asahid & TehYung)

Posting Komentar untuk "Resep NASI LIWET RICE COOKER, Paling SIMPLE SEDUNIA"